Headline Kegiatan

Sungai Gelombang, Wisata Lokal Yang Jadi Andalan Kopdar Warrior

Wagon R Indonesia – Minggu, 28 November 2021 Wagon R Indonesia Chapter Riau (WARRIOR) melaksanakan kegiatan Kopdar (Kopi Darat). Kegiatan Touring pendek kali ini Wagon R Indonesia Chapter Riau (WARRIOR) dilaksanakan di salah satu tempat yang saat ini sedang viral di Media sosial yakni Sungai gelombang yang merupakan cabang sungai Kampar yang berada di Desa Sipungguk Kecamatan Bangkinang, Provinsi Riau. Menurut Om Chandra selaku Koordinator Chapter Riau mengatakan “Sesuai visi dan misi kami adalah mempromosikan objek wisata lokal dengan harapan meningkat perekonomian warga setempat. Para member yang mengikuti kegiatan kali ini terdiri dari Om Chandra, Om Bhandit, Tante Yessi, Om Topan dan Om Basuki, tidak lupa mengikutsertakan keluarga masing-masing.

Wisata Sungai Gelombang

Untuk menuju Sungai Gelombang Dari Pekanbaru menggunakan mobil butuh waktu sekitar 2 jam untuk sampai ke objek wisata Sungai Gelombang. Saat tiba di Kota Bangkinang, lampu merah pertama, silakan belokan kendaraan ke kanan, kemudian melintasi jembatan lalu menyusuri perkampungan warga.
Dari jembatan itu diperkirakan hanya sekitar 5 kilometer jarak tempuh untuk menuju ke objek wisata Sungai Gelombang. Objek wisata ini tergolong mudah untuk ditemukan. Karena lokasinya persis berada di pinggir jalan utama perkampungan.

Objek wisata Sungai gelombang adalah aliran Sungai Kampar yang berarus cukup deras. Karena struktur tanah di bagian dasar sungai adalah bebatuan, maka riakan-riakan dan gelombang air sangat terlihat dari permukaan. Di sekitar objek wisata, air sungai ini cukup dangkal. Ketinggian airnya kira-kira hanya setinggi pinggang orang dewasa. Namun di bagian tertentu ketinggian air hanya sebatas betis orang dewasa. Oleh sebab itu objek wisata ini sangat cocok untuk liburan keluarga. Namun di bagian lain, jauh dari lokasi objek wisata sungai cukup dalam.

Warga setempat sudah membangun seperti balai-balai di sepanjang aliran sungai. Tempat ini ini dipergunakan pengunjung untuk beristirahat atau untuk berkumpul bersama keluarga sambil menikmati bekal makanan yang mereka bawa.

Untuk biaya masuk objek wisata ini tidak dipungut biaya. Namun untuk ongkos parkir mobil dikenakan sebesar Rp20.000 sedangkan sewa balai balai dikenakan Rp30.000 tanpa ada batasan waktu. Artinya pengunjung bisa bebas menikmati objek wisata ini. Di sepanjang aliran sungai juga banyak warga yang menyewakan pelampung dari ban dalam mobil. sewa pelampung ini beragam untuk ukuran yang paling besar mencapai Rp. 20.000 untuk ukuran ban yang paling kecil hanya Rp5.000.

Karena lokasinya yang dekat dari Pekanbaru objek wisata Sungai gelombang sangat cocok untuk alternatif wisata keluarga.Disamping itu menjadi salah satu pembangkit ekonomi masyarakat setempat dimana saat ini dapat menampung sebanyak 100 pedagang. Sambil Ngopi menikmati sunset sore,

Yuk kita dukung perekonomian lokal … We Love Pekanbaru and You. – Chandra-

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.